Korem 045/Garuda Jaya menggelar upacara HUT Ke-79 TNI yang diikuti oleh ratusan prajurit TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laur (AL) dan Angkatan Udara (AU) di halaman Makorem 045/Garuda Jaya.

"Hari ini kita sudah melaksanakan upacara HUT Ke-79 TNI di wilayah Korem Bangka Belitung," kata Kasrem 045/Gaya, Kolonel Inf Ichwansyah kepada ANTARA Babel usai memimpin upacara tersebut di halaman Makorem 045/Gaya, Sabtu (5/10).

Ia mengatakan prajurit TNI sebagai pilar pertahanan negara berkontribusi untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan negara yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, juga termasuk program-program pembangunan yang saat ini sedang dikerjakan dan yang akan dikerjakan.

Selain itu prajurit TNI juga harus memiliki kemampuan baik dalam beladiri taktis dan beladiri perorangan untuk mengawali dan memelihara alutsista dengan harapan TNI kita semakin maju ke depan.

"Ke depan prajurit TNI sesuai keinginan pimpinan kita harus mengedepankan kepentingan rakyat dari kepentingan pribadi," ujarnya.

Dan program-program yang sudah diberikan oleh TNI seperti operasi lahan dan makan bergizi itu sebagai wujud TNI membantu pemerintah untuk kepentingan masyarakat meski itu di luar tugas pokok TNI.

"Kami juga berharap prajurit TNI ke depan selalu ikhlas dalam menjalankan tugas dimana mereka berada dan dalam waktu dekat kita akan melaksanakan pengamanan pilkada yang ada di wilayah," ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini jumlah prajurit TNI di Kepulauan Bangka Belitung sudah lebih dari 1.500 prajurit, baik TNI Angkatan Darat, Laut maupun Udara. Dan semua prajurit terlibat dalam pengamanan Pilkada serentak yang ada di seluruh Kabupaten kota se-Bangka Belitung.

"Semua prajurit harus waspada dan tidak mudah terpengaruh isu-isu yang memecahkan solidaritas TNI. Bangun koordinasi yang baik dengan pemerintah daerah dan institusi terkait agar pilkada berjalan aman, tertib dan lancar," harapnya.

Rangkaian HUT Ke-79 TNI, Korem 045 Garuda Jaya sudah berjalan seperti pertandingan bola kaki usia dini, LTLH, penanaman mangrove dan kegiatan bakti sosial seperti pembagian sembako, donor darah, pengobatan  massal.

"Puncak acara HUT Ke-79 TNI di Bangka Belitung akan berlangsung pada 27 Oktober dengan Rangkaian Babel Run 5km dan 10km," tutupnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024