Pimpinan definitif Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, periode 2024-2029 secara resmi terbentuk, guna memimpin dan menjalankan roda lembaga legislatif tersebut selama lima tahun ke depan.

"Hari ini kami baru saja melaksanakan rapat paripurna internal untuk penetapan pimpinan definitif DPRD Kabupaten Belitung periode 2024-2029," kata Ketua DPRD Belitung, Vina Cristyn Ferani di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, tiga orang pimpinan definitif DPRD Kabupaten Belitung periode 2024-2029 akan segera dilantik dalam waktu dekat.

Ia menyebutkan, ketiga pimpinan definitif DPRD Belitung periode 2024-2029 tersebut adalah dirinya sendiri dari PDI Perjuangan selaku ketua, Hilman dari Nasdem selaku wakil ketua I, dan Joko Prianto dari PKB selaku wakil ketua II.

"Setelah pelantikan pimpinan definitif DPRD Belitung periode 2024-2029 maka barulah kami akan melakukan penetapan fraksi-fraksi di DPRD Belitung," ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya akan membentuk sebanyak tujuh fraksi di DPRD Belitung yang terdiri dari lima fraksi utuh dan dua fraksi gabungan.

"Setelah itu akan ada penugasan dari masing-masing fraksi kepada anggota fraksinya untuk di tempatkan di Alat Kelengkapan Dewan (AKD)," katanya. 

Ia berharap mendapatkan dukungan dan kerja sama dari seluruh anggota DPRD Belitung periode 2024-2029.

Dikatakan, setelah ini pihaknya juga akan menyusun rencana kerja sebagai dasar untuk bekerja sampai lima tahun ke depan.

"Tentunya komunikasi dengan pihak eksekutif dan forkopimda akan kami jalin dengan baik karena untuk membangun Belitung tidak cukup hanya dengan satu lembaga harus lintas lembaga dan bersinergi bersama-sama," ujarnya.

Selain itu, dirinya berharap agar seluruh anggota DPRD Belitung dapat menyatukan visi, misi, dan tujuan.

"Karena kita duduk di sini semua adalah amanah dari masyarakat untuk Belitung yang lebih baik dan yang kurang akan kita perbaiki bersama-sama," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024