Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak masyarakat dan pemilih pemula untuk berpartisipasi dalam mencegah potensi terjadinya pelanggaran pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.
 
"Kami mengajak masyarakat dan juga pemilih pemula untuk ikut serta dalam mengawasi pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Bangka Selatan," kata Koordinator Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Bangka Selatan Azhari pada kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif Pilkada serentak 2024, Senin.
 
Ia mengatakan partisipasi masyarakat sangat penting dalam mencegah potensi pelanggaran di Pilkada serentak yang dimulai dari keluarga masing-masing. 
 
"Kami mengajak masyarakat untuk senantiasa berhati-hati dan tidak melakukan pelanggaran pada Pilkada ini, termasuk pemerintah desa," ujarnya.
 
Menurut Azhari, pemilu atau pemilihan bukan hanya menjadi tanggungjawab penyelenggara saja, tetapi juga menjadi kewajiban seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mengawal pesta demokrasi jangan sampai tercurangi.
 
"Mari kita bersama-sama mengawal dan mengawasi pelaksanaan Pilkada serentak ini, agar dapat berjalan dengan aman, lancar dan tidak ada kecurangan," ujarnya.
 
Rada guru SMK Negeri 1 Airgegas mengucapkan terima kasih kepada Bawaslu yang telah memberikan pengetahuan kepada peserta didiknya terkait dengan kepemiluan dan politik.
 
"Kami akan transferkan ke siswa-siswi terkait pemilu atau pemilihan agar anak didik kami di sekolah juga tahu tentang bagaimana pemilu dan pemilihan" ujarnya.
 
Puja selaku siswi SMA N 1 Airgegas mengaku sangat senang karena dari kegiatan seperti ini siswa-siswi mendapat banyak ilmu serta pengalaman dalam proses belajar mengajar.
 
“Sebagai pemilih pemula, saya berharap pemilih pemula di Kabupaten Bangka Selatan dapat menggunakan hak pilih terbaik untuk masa depan,” ujarnya.

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024