Sebanyak 5 orang Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung mengunjungi salah satu panti asuhan yang ada di Pangkalpinang pada tanggal 14 September 2024 lalu.

Hal ini merupakan salah satu aksi nyata dari sikap peduli sesama yang mereka tunjukkan. Semuanya bermula dari seorang dosen mata kuliah UBB dan Keunggulan Peradaban yaitu Waldimer Pasaribu S.Psi., M.Si yang memberikan tugas dengan tema "Pengetahuan, Ilmu dan Aksiologi". 

Kelima mahasiswa UBB yang bernama (Astrid Alya Junaedi, Farhan Pratama Putra, Nabila Winata Bella, Nur Rahmi Aziza dan Wira Aditya Pratama) memilih untuk mengunjungi panti asuhan dalam tugas mereka karena dalam kegiatan ini, mereka memiliki tujuan untuk membangun rasa kepedulian sosial di kalangan mahasiswa serta memberikan manfaat langsung untuk masyarakat. 

Panti asuhan yang mereka kunjungi adalah Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Muhammadiyah Kota Pangkalpinang, yang beralamat di Jl. KH. Hasan Basri Sulaiman No. 143, RT. 001/RW.002, Batin Tikal, Kec. Taman Sari, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Panti asuhan adalah lembaga sosial nirlaba yang menampung, mendidik, dan memelihara anak-anak yatim, yatim piatu, dan anak-anak terlantar. 

Dalam aksi sosial ini, kelima mahasiswa memberikan donasi berupa sembako dan snack kepada pengurus panti asuhan dan Anak-anak yang tinggal di sana. Selain itu mereka juga melakukan sesi sharing atau mengobrol ringan dengan anak-anak panti asuhan.

Ketua kelompok, Farhan Pratama Putra, mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kebahagiaan dan manfaat kepada anak-anak di panti asuhan, ia juga mengatakan semoga kegiatan ini bisa menginspirasi banyak orang untuk lebih peduli dan berbagi kepada mereka yang membutuhkan. 

Aksi sosial ini diakhiri dengan penyerahan donasi secara simbolis dari perwakilan mahasiswa kepada pengelola panti asuhan. Para mahasiswa berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan untuk memberikan dampak positif yang lebih besar kepada masyarakat. Kegiatan ini tidak hanya menjadi momen berbagi, tetapi juga menjadi pembelajaran bagi mahasiswa tentang pentingnya peduli terhadap sesama.

Penulis: Nur Rahmi Azizah *)

​​​​​​​*) Nur Rahmi Azizah adalah mahasiswa universitas Bangka Belitung 

Pewarta: Nur Rahmi Azizah *)

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024