Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatur jumlah alat peraga kampanye (APK) pada pelaksanaan Pilkada 2024 untuk menciptakan lingkungan yang tertib, indah dan nyaman.

"Selain mengatur jumlah APK, kami juga memberikan fasilitas penyediaan APK bagi seluruh pasangan peserta yang diharapkan bisa membantu meringankan biaya kampanye," kata Anggota KPU Kabupaten Bangka Barat Henny Apriana di Mentok, Jumat.

Menurut dia, pelayanan fasilitasi APK, bahan kampanye dan penayangan iklan kampanye ini dilakukan untuk memberikan hak yang sama pada seluruh pasangan calon bupati-wakil bupati peserta Pilkada 2024.

Ia menjelaskan fasilitas APK pada pelaksanaan Pilkada 2024 yang dilakukan KPU Kabupaten Bangka Barat berupa penyediaan baliho lima lembar, spanduk 132 lembar dan umbul-umbul 120 lembar bagi seluruh peserta.

Untuk bahan kampanye, KPU Bangka Barat menyiapkan selebaran, brosur, pamflet dan poster bagi masing-masing pasangan peserta, bahan kampanye ini berisi berbagai data nama pasangan, nomor urut, foto, tanda gambar parpol pendukung, dan visi-misi, dengan jumlah empat rim per jenis bahan kampanye," katanya.

"Kami juga menyiapkan anggaran untuk masing-masing pasangan peserta untuk menyampaikan iklan melalui media cetak dan tayangan iklan radio/televisi," katanya.

Pada ketentuan kampanye ini, seluruh pasangan dapat menambahkan jumlah APK secara mandiri dengan jumlah maksimal cetak sebanyak 200 persen dari jumlah yang difasilitasi KPU Bangka Barat.

"Untuk jumlah APK yang dipasang di setiap kecamatan dan desa juga kami atur dan aturan ini sudah kita sampaikan kepada para petugas penghubung masing-masing peserta untuk ditindaklanjuti di lapangan," katanya.

Dalam fasilitasi APK dan bahan kampanye ini, kata dia, KPU Kabupaten Bangka Barat menyediakan barang, sedangkan untuk pemasangan merupakan tanggung jawab masing-masing tim pasangan peserta.

"Jika terjadi kerusakan pada APK yang difasilitasi maka tim pasangan peserta bisa mengganti secara mandiri dengan jumlah dan ukuran yang sama. Kami tidak lagi memberikan ganti untuk itu," katanya.

Dengan adanya bantuan fasilitasi dan aturan terkait pemasangan APK ini diharapkan suasana masa kampanye menjadi lebih nyaman dan berkeadilan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024