Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan persiapan dalam rangka menyongsong penilaian Adipura Tahun 2024.

"Kita sudah melakukan persiapan untuk menyongsong itu dan penilaian Adipura akan berlangsung hingga November 2024," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Belitung Timur Novis Ezuar di Manggar, Jumat.

Namun demikian, kata dia, kedatangan tim penilai Adipura ke setiap daerah tidak disebutkan jadwalnya sehingga persiapan harus dimatangkan.

“Jadi berbeda dengan penilaian tahun sebelumnya, kedatangan mereka tidak akan memberitahu waktunya," ujarnya.

Menurut Novis, penilaian di Adipura lebih kepada kebersamaan masyarakat terutama di Kota Manggar untuk menjaga lingkungan menjadi bersih dan asri.

"Apalagi pada momentum HUT ke-153 Kota Manggar ini dengan menggali kembali kearifan bersama untuk bergotong-royong menjaga kebersihan lingkungan," ujarnya.

Ia mengatakan, yang menjadi penilaian adalah Kota Manggar sebagai titik pantau utama. Namun penghargaan itu sifatnya hanya bonus karena yang terpenting adalah kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan.

Ia mengatakan, salah satu kendala penilaian Adipura adalah kondisi tempat pembuangan akhir (TPA) Trafo Mayang yang sudah mulai melebihi kapasitas.

“Namun titik beratnya bagaimana kita sendiri untuk menjaga kebersihan lingkungan, terutama pengelolaan sampah. Jadi sampah inilah yang harus bisa kita kelola dari awal,” ujar Novis.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024