Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Sugito membentuk Forum Perguruan Tinggi (PT) se-Kepulauan Babel, guna membantu pemerintah daerah (pemda) dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan perekonomian masyarakat di daerah itu.

"Insya Allah, dalam waktu dekat ini kami sahkan dan luncurkan Forum PT se-Babel ini," kata Sugito di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia menyatakan saat ini perekonomian masyarakat di provinsi itu tidak dalam keadaan baik-baik saja, sehingga perlu ada sinergitas seluruh pihak untuk mencari terobosan dalam mengoptimalkan potensi sumber daya alam, sektor pertanian, perkebunan, perikanan, dan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Negeri Serumpun Sebalai ini.

"Kemarin saya sudah mengumpulkan seluruh perguruan tinggi se-Kepulauan Babel ini untuk bersama-sama untuk menciptakan suatu kondisi ekonomi masyarakat yang lebih baik, dengan melakukan pendampingan terhadap pembangunan di daerah ini," ujarnya.

Menurut dia, selama ini peran perguruan tinggi dalam melakukan pendampingan terhadap pembangunan daerah ini sudah berjalan dengan baik, namun belum terintegrasi dengan baik.

"Alhamdulillah, seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta di daerah ini sepakat membentuk forum, sehingga program yang ada terintegrasi dan terealisasi di masyarakat dengan baik," katanya.

Ia menyatakan forum perguruan tinggi ini nantinya akan bersinergi dengan organisasi perangkat daerah di Pemprov Kepulauan Babel, kabupaten, kota, hingga pemerintah kelurahan dan desa untuk menggali potensi-potensi di daerah untuk mendorong perekonomian masyarakat.

"Forum ini tidak hanya bersinergi dengan pemerintah daerah, tetapi juga Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) dan pelaku usaha untuk menciptakan ekonomi kreatif yang mandiri dan menyerap informasi terkait lapangan pekerjaan, seperti apa yang dibutuhkan masyarakat di daerah ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024