Tottenham bangkit dari ketertinggalan dan menang atas 10 pemain West Ham dengan skor 4-1 pada pertandingan pekan kedelapan Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, London, Sabtu.

Pada pertandingan ini, Tottenham mampu mengamankan kemenangan berkat gol Dejan Kulusevski, Yves Bissouma, gol bunuh diri Alphonse Areola dan Son Heung-min, demikian catatan Premier League.

Sementara itu, West Ham sempat unggul terlebih dahulu lewat gol Mohammed Kudus sebelum akhirnya mereka harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-86 karena pemain asal Ghana tersebut menerima kartu merah dari wasit.

Berkat kemenangan ini Tottenham naik ke peringkat enam klasemen sementara Liga Inggris dengan total torehan 13 poin dari delapan pertandingan, sedangkan West Ham tertahan di posisi 14 dengan delapan poin.

Secara statistik Tottenham mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 58 persen penguasaan bola serta melepaskan total 22 tendangan yang tujuh di antaranya tepat sasaran.

Tottenham berupaya untuk mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu pada babak pertama, namun nyatanya West Ham yang mendapatkan keunggulan terlebih dahulu.

Berawal dari umpan yang dikirimkan oleh Jarrod Bowen, bola dapat diterima Mohammed Kudus yang selanjutnya melepaskan tendangan kaki kanan dan membobol gawang Tottenham sehingga skor berubah menjadi 1-0 pada menit ke-18.

Tertinggal terlebih dahulu membuat Tottenham semakin berapi-api untuk menyamakan kedudukan dan berhasil pada menit ke-36 setelah umpan James Maddison dapat dikonversikan menjadi gol oleh Dejan Kulusevski sehingga skor kembali sama kuat 1-1.

Pada sisa waktu babak pertama, kedua tim tetap memperagakan permainan terbuka dan saling serang untuk kembali unggul, namun hingga turun minum, skor sama kuat 1-1 tetap bertahan.

Babak kedua 

Memasuki babak kedua, Tottenham langsung tancap gas dan mampu berbalik unggul pada menit ke-52 setelah umpan Destiny Udogie dapat disambut tendangan kaki kanan Yves Bissouma sehingga skor berubah menjadi 2-1.

Hanya berselang tiga menit, Tottenham dapat menambah keunggulan menjadi 3-1 setelah tendangan Son Heung-min tak mampu diantisipasi dengan sempurna oleh kiper West Ham Alphonse Areola yang berujung menjadi gol bunuh diri.

Tottenham tidak menurunkan tensi permainan mereka dan dapat menambah keunggulan menjadi 4-1 pada menit ke-60 melalui gol Son Heung-min setelah mendapatkan umpan Pape Sarr.

Setelah tertinggal tiga gol, nestapa West Ham bertambah setelah Mohammed Kudus diganjar kartu merah oleh wasit setelah melalui tinjauan VAR karena melakukan pelanggaran keras kepada Mickky Van de Ven pada menit ke-86.

Unggul jumlah pemain, Tottenham dapat sepenuhnya mendominasi jalannya sisa pertandingan dan mampu mempertahankan keunggulan 4-1 atas West Ham hingga peluit panjang dibunyikan.

Selanjutnya pada pekan kesembilan Liga Inggris, Tottenham dijadwalkan akan menghadapi Crystal Palace, Minggu (27/10), sementara itu West Ham berjumpa Manchester United di hari yang sama.
 

 

Pewarta: Aldi Sultan

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024