Calon presiden terpilih pada Pemilu 2024 Prabowo Subianto tiba di lokasi acara pelantikan di Gedung Nusantara, kompleks Nusantara, Jakarta, Minggu.

Prabowo, yang tiba sekitar pukul 09.00 WIB, turun dari kendaraan pribadinya, kemudian berjalan masuk ke arah dalam Gedung Nusantara.

Prabowo, sebagaimana dengan calon wakil presiden terpilih pada Pemilu 2024 Gibran Rakabuming Raka, kompak mengenakan baju tradisional Betawi dengan atasan jas dan ada kain yang melilit pinggangnya. Prabowo juga mengenakan kopiah berwarna hitam.

Dalam perjalanannya, mulai turun kendaraan menuju lobi Gedung Nusantara, Prabowo menyapa awak media yang menunggu di area sekitar lobi.

Di Gedung Nusantara, tempat acara pelantikan, Gibran telah lebih dahulu tiba. Dia juga mengenakan atasan khas Betawi, yaitu jas dan kopiah serta kain yang melilit pinggang.

Gibran Rakabuming Raka beserta istrinya Selvi Ananda tiba di lokasi acara pelantikan Gedung Nusantara, Jakarta, Minggu pada pukul 8.30 WIB.

Gibran turun dari kendaraan pribadinya yang berpelat nomor AD, kemudian berjalan masuk ke ruangan.

Di lobi Gedung Nusantara, beberapa tamu undangan mulai berdatangan sejak pukul 07.00 WIB.

Hingga pukul 08.00 WIB, tamu-tamu undangan yang tiba di lobi Gedung Nusantara dan lobi Gedung Nusantara III, di antaranya jajaran pimpinan MPR, DPR, dan DPD, presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, wakil presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla, Titiek Soeharto, mantan Calon Presiden RI Anies Baswedan, Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dijadwalkan mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI masa bakti 2024—2029 dalam Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Jakarta, Minggu.

Sebanyak 732 anggota MPR RI menyaksikan prosesi pengucapan sumpah jabatan tersebut. Sidang Paripurna MPR RI tersebut juga dihadiri para tokoh nasional, pimpinan partai politik, dan perwakilan negara sahabat.

Setidaknya ada 20 pejabat setingkat kepala negara dan 18 pejabat setingkat menteri yang dijadwalkan menghadiri acara pelantikan di Gedung Nusantara.

Negara-negara sahabat yang mengirimkan utusannya untuk menghadiri acara pelantikan, antara lain, Jerman, Qatar, Thailand, Malaysia, Australia, Papua Nugini, Rusia, Laos, Vietnam, Vanuatu, Brunei Darussalam, Timor Leste, Serbia, dan China.

Negara lainnya, yakni Kamboja, Selandia Baru, Solomon, Filipina, Korea Selatan, Singapura, Mesir, Turki, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Inggris, Amerika Serikat, India, Jordania, Jepang, Italia, Kanada, Prancis, Brasil, dan Fiji.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024