Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA memberikan pelatihan jurnalistik kepada aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua bertempat di Aula Kantor Gubernur Papua, Kota Jayapura, Selasa.
 
Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Papua Hendrina Dian Kandipi di Jayapura, Selasa, mengatakan menerapkan ilmu jurnalistik di sektor pemerintahan sangatlah penting untuk meningkatkan komunikasi yang efektif dengan publik.
 
"Sebab dengan ilmu jurnalistik tersebut dapat membantu pemerintah menyampaikan informasi secara transparan, menarik dan dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat," katanya yang akrab disapa Dian.
 
Menurut Dian, dalam mengelola website pemerintah haruslah menarik karena ada pesan tersendiri yang ingin disampaikan kepada masyarakat.
 
"Sehingga terdapat empat hal yang diperlukan yakni pertama penulisan efektif, kedua desain yang menarik, ketiga informasi yang berguna dan keempat kemudahan navigasi," ujarnya.

Baca juga: Dirut ANTARA: Akurasi kunci industri media bertahan di era digital
 
Dia menjelaskan untuk penulisan efektif harus menggunakan bahasa yang sederhana, mudah dipahami, dan menarik perhatian pembaca, lalu harus juga membuat desain yang menarik mulai dari tata letak, warna, serta ilustrasi yang estetik guna meningkatkan kualitas visual.
 
"Selanjutnya harus ada informasi yang berguna dengan menyajikan konten yang relevan dan dapat memenuhi kebutuhan informasi publik," katanya.
 
Dia menambahkan sedangkan untuk kemudahan navigasi, pengelola website diharuskan dapat membuat struktur website yang logis dan memudahkan pengguna menemukan informasi.

Baca juga: ANTARA gelar seminar Entrepreneurship Coaching Clinic di Bondowoso
 
"Untuk itu, manfaat penerapan ilmu jurnalistik di sektor pemerintahan sangatlah penting karena merupakan bagian dari transparansi, komunikasi efektif dan partisipasi publik," ujarnya.
Sebelumnya Pemprov Papua menggelar Sosialisasi serta Bimbingan Teknis (Bimtek) Content Management System (CMS) dan pengelolaan media sosial yang diikuti 40 orang pegawai bertempat Aula Kantor Gubernur Papua di Kota Jayapura, Selasa (22/10).

Baca juga: LKBN ANTARA kolaborasi dengan Kauje dalam Tegalboto Memanggil 3

Pewarta: Qadri Pratiwi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024