Muntok (Antara Babel) - PT ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian, Kepulauan Bangka Belitung menyatakan pada Minggu mengoperasikan 13 kapal untuk melayani penyeberangan baik masyarakat maupun kendaraan jalur Muntok, Bangka Barat menuju Palembang, Sumatera Selatan.

"Sebanyak 13 unit kapal itu terdiri dari delapan unit kapal feri dan lima unit kapal cepat," ujar Manager Operasional PT ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Defi Andri di Muntok, Minggu.

Ia menjelaskan seluruh kapal itu sudah menerapkan pola tiba berangkat seiring meningkatnya jumlah penumpang yang akan menyeberang ke Palembang.

Hingga saat ini, pihaknya sudah menyeberangkan 8.474 orang menuju Palembang, terdiri atas penumpang kapal cepat 4.414 orang, penumpang kapal feri pejalan kaki 1.542 orang, dan penumpang di dalam kendaraan 2.518 orang.

"Untuk jumlah kendaraan mencapai 990 unit, terdiri dari 724 unit kendaraan roda dua dan 266 unbit kendaraan roda empat," katanya.

Ia mengatakan jumlah tersebut akan terus meningkat seiring masih banyaknya penumpang yang berdatangan ke pelabuhan setempat, bahkan sempat terjadi antrean hingga luar halaman pelabuhan.

"Lonjakan penumpang yang didominasi kendaraan roda empat dan roda dua terjadi sejak malam tadi, namun untuk penumpang orang lonjakan belum terlalu signifikan," katanya.

Meskipun terjadi lonjakan penumpang, kata dia, secara keseluruhan terlihat lancar dan tertib sesuai perkiraan sebelumnya.

"Jumlah penumpang orang dan barang memang mengalami peningkatan, namun kami sudah siapkan armada pengangkut cukup memadai sehingga tidak terjadi penumpukan di kawasan pelabuhan," ujarnya.

Ia mengharapkan seluruh penumpang yang akan menyeberang ke Palembang bisa terangkut dan tidak ada lagi penumpukan baik penumpang orang maupun kendaraan.

Pewarta: Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013