Pangkalpinang (Antara Babel) - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Hidayat Arsani meminta pengelola pasar modern senantiasa menjaga kualitas kesehatan pangan agar konsumen terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

"Pangan yang dijual di pasar modern ini harus bersih, sehat dan bebas dari berbagai bahan kimia," kata Hidayat Arsani di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan, pasar modern seperti Ramayana, Hypermart, Bangka Trade Center dan lainnya harus menyediakan beras, sayur mayur, daging, ikan dan kebutuhan pangan sehat guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

"Kami akan pantau kesehatan pangan di pasar modern ini, apabila ditemukan pangan mengandung zat kimia maka akan ditindak tegas sesuai aturan berlaku," katanya.

Menurut dia pemantauan terhadap kesehatan pangan ini sebagai jaminan, sehingga masyarakat tidak perlu ragu dan takut untuk membeli berbagai kebutuhan pokok di pasar modern itu.

"Jangan sampai pangan yang dijual di pasar modern ini merugikan kesehatan masyarakat," katanya.

Ia berharap masyarakat ikut memantau kesehatan pangan yang ada di pasar modern. Apabila menemukan pangan mengandung zat pengawet formalin, pemutih, borax dan zat pengawet kimia lainnya untuk segera melapor ke dinas terkait atau aparat kepolisian.

"Kami berharap masyarakat menjadi konsumen cerdas, teliti sebelum membeli berbagai kebutuhan keluarganya, karena pangan yang mengandung zat kimia, kedaluarsa, rusak dan lainnya dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016