Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan Desa Limbung, Kecamatan Jebus sebagai salah satu desa percontohan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di daerah itu.

"Pemerintah daerah secara lintas sektor terus mendorong agar Desa Limbung mampu menerapkan 10 indikator PHBS secara total," kata Kepala Bidang Promosi Kesehatan dan Pembinaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, Achmad Nursyandi di Muntok, Rabu.

Ia mengatakan, penerapan PHBS di seluruh desa memang menjadi salah satu tujuan pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan sekaligus angka harapan hidup masyarakat di daerah itu.

"Dalam dua tahun ini Desa Limbung kami dorong untuk menjadi percontohan, bahkan kami dorong mampu berprestasi di tingkat nasional dengan modal prestasi yang sudah dicapai pada tahun ini," kata dia.

Menurut dia, Desa Limbung memiliki modal untuk berprestasi di tingkat nasional karena sudah memiliki modal prestasi di tingkat kabupaten pada lomba PHBS 2015 dan pada tahun ini menjadi juara pertama di tingkat Provinsi Babel.

Ia menerangkan, warga di desa tersebut sudah berhasil menerapkan 10 indikator PHBS, seperti persalinan ditangani tenaga kesehatan yang saat ini sudah 100 persen, pemberian ASI eksklusif hingga bayi umur enam bulan sudah aktif.

"Seluruh rumah juga sudah memiliki jamban standar sehingga tidak ada lagi warga yang buang air besar sembarangan, tidak ditemukan warga yang merokok di dalam rumah, serta penerapan cuci tangan menggunakan sabun," katanya.

Selain itu, ujarnya, di desa tersebut dalam lima tahun berturut-turut tidak ditemukan kasus gizi buruk.

"Kami berharap masyarakat tetap mendukung berbagai upaya yang dilakukan bersama-sama pemerintah sehingga tujuan membangun budaya hidup bersih dan sehat bisa tercapai," kata dia.

Agar bisa berprestasi di tingkat nasional, kata dia, saat ini pemerintah melalui lintas sektor terus mendorong agar masyarakat semakin giat melaksanakan PHBS dalam aktivitas sehari-hari.

"Kami juga sedang mendorong warga Desa Limbung menanam tanaman obat keluarga di pekarangan rumahnya agar semakin produktif," kata dia.

Berbagai upaya akan terus dilakukan agar Desa Limbung mampu menjadi percontohan desa PHBS seperti yang sudah pernah diraih Desa Buyan Kelumbi yang pernah menorehkan prestasi di tingkat nasional.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016