Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menempatkan Tim Nusantara Sehat di Pulau Pongok Kabupaten Bangka Selatan guna meningkatkan kesadaran dan kualitas kesehatan masyarakat.

"Kami berharap Tim Nusantara Sehat ini dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Pulau Pongok," kata Kepala Dinas Kesehatan Babel Mulyono di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan penempatan Tim Nusantara Sehat di pulau terpencil itu merupakan program Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (RI) untuk masyarakat desa terpencil.

Babel memiliki tiga desa terpencil yakni di Pulau Pongok, Selat Nasik dan Desa Tanjung Labu.

"Saat ini tim di Pulau Pongok, karena desa ini terpencil yang sulit dijangkau," ujarnya.

Ia mengatakan jumlah tim kesehatan yang ditempatkan di Pulau Pongok sebanyak lima  dan akan bertugas selama dua tahun.

Tim Nusantara Sehat terdiri dari satu dokter gigi, bidan, perawat, analisis kesehatan dan analisis lingkungan yang sebelumnya sudah mengikuti pendidikan selama satu bulan di Kementerian Kesehatan RI.

"Selama ini puskesmas hanya menempatkan satu dokter umum saja. Adanya dokter gigi di puskesmas terpencil Pongok ini diharap dapat
mengatasi semua permasalahan kesehatan gigi masyarakat," harapnya.

Ia berharap Tim Nusantara Sehat dapat memberi pelayanan maksimal kepada masyarakat daerah agar semua masalah kesehatan
teratasi dan derajat kesehatan masyarakat lebih meningkat.

"Masyarakat desa yang berobat tidak akan dipungut biaya dan diharapkan tim sehat ini dapat memberi pelayanan kesehatan yang maksimal ke masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Septi Artiana

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016