Pangkalpinang (Antara Babel) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menetapkan sebanyak empat pasang calon gubernur dan wakil gubernur untuk mengikuti Pilkada 2017.

Empat pasang calon gubernur-wakil gubernur itu ialah Rustam Effendi-Muhammad Irwansyah, Yusron Ihza Mahendra-Yuroni Yazid, Erzaldi Rosman Djohan-Abdul Fattah, dan Hidayat Arsani-Sukirman.

"Keempat pasangan calon ini memenuhi persyaratan setelah dilakukan penelitian dan verifikasi terkait syarat calon dan pencalonan," kata Ketua KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Fahrurozi di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pencalonan.

"Semua pasangan calon yang telah ditetapkan ini juga akan diumumkan melalui website KPU Babel sejak hari ini. Jika nantinya ada perubahan akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya," ujarnya.

Ia mengatakan, untuk penetapan nomor masing-masing calon akan dilaksanakan pada Selasa (25/10) pukul 10.00 WIB di hotel Novotel Bangka.

"Untuk mekanisme penetapan nomor pasangan calon ini akan kami jelaskan besok. Selain masing-masing calon, kami juga meminta kehadiran masing-masing parpol pendukung dalam penetapan nomor pasangan calon tersebut," katanya.

Pasangan Rustam Effendi-Muhammad Irwansyah diusung sendiri oleh PDIP, sedangkan Yusron Ihza Mahendra-Yuroni Yazid diusung PBB, PPP, dan Demokrat.

Pasangan Erzaldi Rosman Djohan-Abdul Fattah diusung Gerindra, PKB, dan Nasdem, sedangkan pasangan Hidayat Arsani-Sukirman diusung Golkar, PKS, Hanura, dan PAN.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016