Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan menggelar Pemilihan Kepala Desa serentak pada 1 November 2016.

"Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak akan diselenggarakan di 33 desa pada tahun ini, kami berharap bisa berjalan lancar, aman, kondusif dan sesuai aturan yang berlaku," kata Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPPMPD) Kabupaten Bangka Barat, Sidharta Gautama di Muntok, Selasa.

Ia mengatakan, berbagai tahapan sudah dilaksanakan sesuai jadwal dan saat ini sudah memasuki masa kampanye yang ditetapkan mulai 26 hingga 28 Oktober 2016.

Setelah tahapan kampanye, kata dia, dalam dua hari mulai 29 Oktober 2016 memasuki masa tenang dan pada 1 November dilaksanakan pencoblosan di masing-masing desa.

Ia mengatakan, pada pilkades yang digelar kali pertama di daerah itu akan diikuti sebanyak 145 orang peserta dari 33 desa yang tersebar di enam kecamatan.

"Seluruh peserta sudah melalui berbagai tahapan yang ditetapkan, mulai dari pendaftaran, seleksi hingga penetapan peserta pilkades," kata dia.

Ia menambahkan, para peserta pilkades juga sudah melakukan penandatanganan pakta integritas "Siap Menang Siap Kalah" sebagai bentuk komitmen menjaga situasi kondusif yang diselenggarakan hari ini di Graha Aparatur Pemkab Bangka Barat.

Penandatanganan komitmen tersebut, dihadiri Wakil Bupati Bangka Barat, Forkopimda, seluruh Camat, perwakilan Koramil Muntok dan sejumlah tokoh masyarakat di daerah itu.

"Kami berharap para calon kepala desa berjiwa besar dalam menerima hasil pemilihan sehingga tercipta situasi kondusif untuk mendukung jalannya roda pembangunan," kata dia.

Kepada para petugas penyelenggara ia berpesan agar selalu menjalin koordinasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

"Kami berharap dengan berbagai persiapan yang sudah dijalankan mampu menyelenggarakan Pilkades serentak 2016 dengan baik, demokratis dan sesuai aturan yang berlaku," kata dia.  

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016