Muntok (Antara Babel) - Sebanyak 166 personel Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, disiapkan untuk pengamanan jalannya seluruh tahapan pemilihan kepala desa secara  serentak 2016.

"Hari pencoblosan pilkades serentak akan dilaksanakan pada 1 November 2016, kami berharap dengan berbagai persiapan yang sudah dilakukan dapat mengantisipasi berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan sehingga pesta demokrasi berjalan dengan aman dan lancar," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Hendro Kusmayadi di Muntok, Rabu.

Ia mengatakan jauh-jauh hari pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan dan selalu aktif koordinasi dengan pihak terkait untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan situasi kondusif masyarakat di daerah itu.

Selain itu, kata dia, personel yang akan bertugas juga terus diberikan pelatihan dan pembekalan agar semakin siap melaksanakan tugas mengawal keamanan di wilayah masing-masing.

"Hari ini para personel juga kami berikan pengarahan, terutama para personel babinkamtibmas dan personel pengamanan TPS," katanya.

Melalui berbagai persiapan yang dilaksanakan, diharapkan seluruh personel semakin siap dalam mengamankan pelaksanaan pilkades serentak yang akan digelar di 33 desa.

"Sebanyak 166 personel akan bertugas melakukan pengamanan di seluruh 124 unit Tempat Pemungutan Suara (TPS), dengan pola pengamanan satu TPS satu polisi diharapkan bisa berjalan aman," katanya.

Ia mengatakan personel yang bertugas wajib melakukan monitoring dan aktif memberikan laporan dalam setiap kegiatan yang berkaitan dengan pilkades sehingga memudahkan penanganan jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Dengan pola pengamanan yang dilakukan kami harapkan pilkades serentak tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan yang bisa memperkeruh keadaan," kata dia.

Ia mengimbau kepada seluruh warga agar tetap tenang, tidak mudah terprovokasi oknum yang tidak bertanggung jawab agar situasi tetap kondusif, aman, dan nyaman sehingga masyarakat tetap bisa menjalankan aktivitas sehari-hari seperti biasa.

Untuk mendukung mantapnya situasi masyarakat, sehari sebelumnya juga dilaksanakan penandatanganan pakta integritas "Siap Kalah Siap Menang" yang diikuti 145 calon kepala desa, peserta pilkades serentak 2016 di daerah itu.

Melalui komitmen bersama tersebut diharapkan seluruh peserta bersikap dewasa, kesatria dan memiliki jiwa nasionalisme tinggi sehingga bisa menerima apapun hasil pilkades.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016