Pangkalpinang (Antara Babel) - Perusahaan Daerah Air Minum  Kota Pangkalpinang menggratiskan pemasangan instalasi air ke rumah-rumah keluarga berpenghasilan rendah di ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan mengutip Rp300 ribu saja sebagai biaya administrasi.

"Bagi masyarakat berpenghasilan rendah bisa mendapatkan pemasangan instalasi PDAM secara gratis. Biasanya biaya pasang sekitar Rp 1juta, kini cukup membayar Rp300 ribu sebagai biaya administrasi," kata Direktur PDAM Kota Pangkalpinang, Adi Setiawan, Selasa.

Ia mengatakan, kebijaka tersebut sesuai dengan program Pemerintah Kota Pangkalpinang yang mendapatkan hibah dari pemerintah pusat sebesar Rp5 miliar melalui dana alokasi khusus untuk memfasilitasi masyarakat berpenghasilan rendah dalam memenuhi kebutuhan akan air bersih.

"Ini merupakan upaya wali kota agar seluruh warga masyarakat  yang berpenghasilan rendah bisa menikmati air bersih," katanya.

Ia menyebutkan, untuk melaksanakan program tersebut, PDAM sudah memasang instalasi di lebih dari 700 rumah tangga pada 2016, dan akan diteruskan hingga empat tahun mendatang dengan target 50 ribu pemasangan.

"Target kami harus tercapai agar seluruh masyarakat bisa mendapatkan fasilitas air bersih secara merata di Kota Pangkalpinang," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016