Sungailiat (Antara Babel) - Bupati Bangka Yusroni Yazid meminta anak-anak di daerahnya terus meningkatkan kreativitas untuk mendukung kecerdasan dan menciptakan kemandirian.


"Kreativitas yang dimiliki anak tentu akan mendukung kecerdasan dan membuat mereka mandiri," katanya pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Kabupaten Bangka di Sungailiat, Rabu.


Menurut dia, anak-anak dewasa ini sangat beruntung karena telah tersedianya fasilitas untuk membentuk karakter mulai dari pendidikan usia dini dan taman kanak-kanak hingga sekolah dasar.


"Anak-anak kita hari ini jauh lebih beruntung, berbeda dibandingkan dengan beberapa puluh tahun lalu dimana fasilitas belajar di sekolah maupun di lingkungan keluarga masih banyak keterbatasannya," ujarnya.


Menurut bupati ada empat hal dalam pembentukan karakter anak yakni promosi hidup sehat, penyediaan pendidikan yang berkualitas, perlindungan dari perlakuan salah, eksploitasi, kekerasan, dan penanggulangan dari HIV/AIDS.      


"Sekarang ini telah diterapkan kurikulum 2013 yang berbasis pendidikan karakter untuk menunjang pendidikan anak," katanya.


Dikatakan, pemerintah juga telah memberikan perlindungan terhadap anak dari diskriminasi dan eksploitasi serta pemenuhan hak-hak anak supaya dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan
martabat manusia.

"Dunia anak adalah milik mereka, dimana kita hanya mendukung dan mengarahkannya saja ke arah yang benar dan baik," katanya.


Sementara itu Ketua TP-PKK Kabupaten Bangka Ny Hj Lilis Farida Yusroni mengatakan, peran orang tua sangat besar dalam mendidik anak sehingga terbentuk anak yang pintar, berakhlak mulia serta berguna bagi agama, nusa dan bangsa.


"Kasih sayang merupakan faktor penting dalam pembentukan anak-anak sehingga lahir generasi yang cerdas, berahlak mulia. Didik anak kita dengan baik sehingga generasi penerus bangsa tidak tenggelam dalam paradigma yang tidak baik," katanya.

Pewarta: Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013