Muntok (Antara Babel) - Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, akan menyelenggarakan kursus untuk meningkatkan keterampilan warga usia kerja di daerah itu sehingga  lebih produktif.


"Ini sebagai salah satu upaya meningkatkan sumber daya manusia sekaligus memberikan peluang kerja bagi warga yang sampai saat ini masih menganggur," ujar Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinsosnakertrans Kabupaten Bangka Barat Indera Cahaya di Muntok, Jumat.


Ia menjelaskan, Dinsosnakertrans bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kepulauan Babel akan mengadakan pelatihan kejuruan seperti perbengkelan, pengelasan, instalasi listrik, dan konstruksi bangunan.


Kegiatan itu diharapkan bisa membantu pemuda setempat untuk membuka lapangan kerja baru seiring terus meningkatnya jumlah pengangguran.


"Kami akan mendatangkan instruktur yang memiliki kompetensi di bidangnya baik secara teori maupun praktik sehingga lulusan kursus bisa langsung terjun di dunia kerja," katanya.


Ia mengharapkan kegiatan itu juga mampu mencetak masyarakat yang mandiri dengan memiliki keahlian dalam bidang tertentu.


"Rencananya kami akan melaksanakan pelatihan seperti ini di tingkat kecamatan, namun karena keterbatasan anggaran dan kendala lain,  untuk tahun ini kami pusatkan di Kota Muntok," kata dia.


Indera menambahkan, ke depan pihaknya akan terus berupaya agar peningkatan SDM berkelanjutan dan mencakup bidang keterampilan lain.


Untuk saat ini, kata dia, pemkab belum bisa memberikan lebih, seperti akomodasi dan transportasi bagi peserta.


"Kursus akan kami gelar selama empat minggu, untuk informasi lebih lanjut, calon peserta bisa menghubungi nomor telepon 0813 6866 6889," kata Indera.

Pewarta: pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013