Koba (Antara Babel) - Plt Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh mendorong generasi muda untuk gemar mengonsumsi ikan agar otak menjadi cerdas, sehat dan kuat.

"Apalagi daerah ini merupakan kabupaten yang dikelilingi laut, tentu sangat ironis sekali kalau ada warga yang tidak gemar memakan ikan," ujarnya usai menghadiri acara Hari Makan Ikan Nasional di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan, ikan seharusnya sudah menjadi menu pokok masyarakat Bangka Tengah dan belum lengkap menu makanan tanpa memakan ikan.

"Harus ditekadkan tiada hari tanpa memakan ikan dan kalangan orang tua harus mengenalkan ikan kepada anaknya sejak dini, dibiasakan memasak menu ikan untuk anaknya," ujarnya.

Ibnu optimistis ke depan akan muncul generasi yang cerdas, sehat dan kuat jika membiasakan makan ikan sejak dini karena ikan mengandung protein yang sangat bagus untuk perkembangan otak anak.

"Saya juga meminta kepada Dinas Kelautan dan Perikanan selalu mengajak masyarakat mengonsumsi ikan melalui program strategis," ujarnya.

Sementara Kepala DKP Bangka Tengah, Dedi Muchdiyat  mengatakan konsumsi ikan masyarakat Bangka Tengah mencapai 48 kilo gram/kapita/tahun.

"Konsumsi ikan masyarakat Bangka Tengah tergolong tinggi, bahkan di atas rata-rata konsumsi ikan nasional yang hanya 39 kilo gram/kapita/tahun," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016