Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membantu sebanyak 17 unit gerobak untuk para pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Teluk Rubiah, Muntok.

"Bantuan gerobak sudah disiapkan, tinggal menunggu waktu yang tepat untuk penyalurannya. Kami harapkan bantuan ini bisa meningkatkan pendapatan para pedagang di kawasan itu," kata Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Bangka Barat, Agus Setyadi di Muntok, Kamis.

Pemkab juga sudah menyiapkan bantuan kursi plastik sebanyak masing-masing enam unit yang akan dibagikan kepada 17 penerima bantuan gerobak tersebut.

Bantuan dimaksudkan agar kawasan yang berada di pinggir pantai tersebut semakin rapi, nyaman dan geliat wisata semakin berkembang.

"Setelah gerobak diserahkan, nanti sudah tidak ada lagi tenda-tenda milik para PKL sehingga pengunjung merasa nyaman berwisata di lokasi tersebut," katanya.

Ia menerangkan, bantuan untuk mempercantik kawasan wisata itu bisa direalisasikan menggunakan APBD Kabupaten.

Penataan PKL di lokasi itu merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan pedagang sekaligus menciptakan lingkunfan kawasan wisata rapi dan nyaman.

"Ke depan di lokasi itu tidak ada lagi tenda permanen, para pedagang menggelar dagangan dengan gerobak dan sore harinya langsung dibawa pulang," katanya.

Tahun ini, kata dia, bantuan gerobak hanya diberikan di satu lokasi, dimana sebanyak 17 gerobak akan disalurkan kepada para PKL anggota kelompok usaha yang ada di lokasi itu.

"Semua penerima adalah anggota kelompok usaha masyarakat yang selama ini berjualan di lokasi itu nantinya mereka yang bertanggung jawab atas bantuan yang sudah disalurkan," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016