Muntok (Antara Babel) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan menyalurkan bantuan induk lele berkualitas kepada enam kelompok pembenihan rakyat.

"Kami berharap bantuan ini bisa memberikan motivasi kepada kelompok usaha perikanan sekaligus memudahkan mereka dalam mendapatkan bibit lele berkualitas dengan harga terjangkau," kata Kepala Bidang Budi Daya Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat, Kamso di Muntok, Senin.

Ia menerangkan, bantuan induk lele akan diberikan secara simbolis oleh Bupati Bangka Barat Parhan Ali pada Rabu (21/12) berlokasi di Desa Bakit, Kecamatan Parittiga.

Bantuan akan disalurkan kepada enam Unit Perbenihan Rakyat (UPR) dari tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Muntok tiga kelompok, Jebus satu kelompok dan Kecamatan Kelapa dua kelompok.

"Bantuan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memotivasi kelompok masyarakat agar semakin bersungguh-sungguh menggeluti usahanya," kata dia.

Selain menyalurkan bantuan induk lele sebanyak 12 paket, pemerintah juga akan menyalurkan bantuan sarana dan prasarana budi daya perikanan, berupa bak fiber, blower enam unit, dan bak sortir enam paket.

Usaha budi daya lele di daerah itu belum begitu diminati warga karena keterbatasan keterampilan dan permodalan sehingga kebutuhan pasar masih banyak didatangkan dari luar daerah.

"Apabila digeluti sungguh-sungguh, usaha tersebut cukup menjanjikan dan peluang pasar masih terbuka seiring meningkatnya kebutuhan konsumsi masyarakat," kata dia.

Pemerintah akan terus memberikan motivasi kepada masyarakat dan kelompok untuk menumbuhkembangkan usaha budi daya perikanan, baik perikanan laut maupun air tawar melalui para petugas penyuluh di wilayah kerja masing-masing.

"Kami berharap ke depan akan semakin banyak usaha budi daya perikanan yang tumbuh sehingga mampu mengurangi ketergatungan pasokan dari daerah lain sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui usaha perikanan," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016