Sungailiat (Antara Babel) - Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tarmizi Saat mengajak para petani memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

"Kami ajak masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah mereka agar dimanfaatkan untuk bercocok tanam sehingga dapat mengembangkan perekonomian keluarga," katanya di Sungailiat, Selasa.

Ia mengatakan banyak tanaman yang cocok untuk ditanam di pekarangan rumah seperti sayur-sayuran, buah-buahan bahkan untuk beternak ayam dan ikan.

Selain dimanfaatkan untuk tanaman-tanaman tersebut pekarangan rumah juga dapat di manfaatkan untuk ditanami tanaman obat herbal yang diyakini akan memberikan manfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan
    
"Lahan sekitar rumah bisa juga dimanfaatkan untuk menanam berbagai jenis tanaman obat keluarga, hasilnya selain untuk kebutuhan sehari-hari juga bisa diolah menjadi makanan olahan yang bisa menambah pendapatan," katanya.

Ia mengatakan, apabila lahan pekarangan dimanfaatkan dengan baik maka segala persoalan perekonomian akan dapat diatasi, bahkan dengan cara ini bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat.

"Lahan luas apabila tidak termanfaatkan dengan baik maka sangat sayang sekali, padahal itu adalah salah satu usaha yang dapat menambah penghasilan," katanya.

Menurut dia, pemanfaatan pekarangan tersebut bisa diterapkan sebagai kebutuhan yang bisa mengurangi pengeluaran uang belanja, khususnya para ibu rumah tangga karena sayuran, bumbu dapur,  dan kebutuhan sebagian lainnya masih bisa dipenuhi dari pekarangan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016