Bangka Barat (Antara Babel) - Seratusan anggota komunitas tukang ojek di Muntok, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ikut memeriahkan hari ulang tahun Polisi Lalu Lintas (Polantas) yang diperingati di Lapangan Gelora, Sabtu.


"Mereka sengaja kami undang dalam rangka syukuran HUT Polantas ke-58 Tahun, sekaligus mempererat tali silaturahim dan menampung harapan para pekerja yang setiap harinya ada di jalan raya itu," ujar Kapolres Bangka Barat AKBP Djoko Purnomo melalui Kasat Lantas AKP Adnan Wahyu Kashogi di Muntok.


Ia menjelaskan, melalui kegiatan seperti ini juga diharapkan bisa menjadi media untuk mempererat kemitraan polisi, khususnya polantas dengan komunitas ojek yang merupakan partner Polantas dalam menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran di jalan.


"Kami dalam kegiatan itu juga memberikan pengetahuan mengenai peraturan berlalu lintas dengan harapan mereka bisa menjadi pelopor ketertiban dan kepatuhan di jalan raya," kata dia.


Ia mengharapkan, melalui kegiatan itu dapat memperkuat kerja sama antara Polri dengan masyarakat dalam rangka menciptakan tertib berlalu lintas dan menekan jumlah kecelakaan lalu lintas seminimal mungkin di wilayah Kabupaten Bangka Barat.


"Mereka setiap harinya berada di jalanan, kami harapkan mereka semakin patuh dalam berkendara dan bisa menularkan berbagai pengetahuan peraturan di jalan ke sesama pengendara kendaraan bermotor di jalan," kata dia.


Sementara itu, dalam kegiatan yang berlangsung cukup meriah yang diikuti lebih dari 100 tukang ojek yang tergabung dalam komunitas ojek Muntok tersebut juga dihadiri para pejabat utama Polres Bangka Barat bersama Bhayangkari dan para anggota Satlantas.


Acara diawali sambutan dari Kapolres Djoko Purnomo yang mengharapkan ke depan Satlantas mampu meningkatkan pemahaman masyarakat akan ketertiban berlalu lintas sehingga bisa menekan seminimal mungkin jumlah kecelakaan di daerah itu.


Kemudian acara dilanjutkan kata sambutan dari perwakilan komunitas ojek yang juga berisi aspirasi dan harapan-harapan para komunitas ojek kepada Kepolisian, khususnya Satlantas.


Sebagai penutup kegiatan, dilakukan konvoi pelopor keselamatan berlalu lintas keliling kota Muntok oleh Sat Lantas bersama dengan komunitas ojek yang hadir pada kegiatan itu.


"Kami harapkan kebersamaan antara Polisi dengan masyarakat seperti ini terus terjaga dan akan lebih memudahkan dalam upaya meningkatkan keamanan, ketertiban, keselamatan dan kelancaran di jalan sesuai aturan yang berlaku dan pada akhirnya mampu menekan jumlah kecelakaan di jalan raya," ujar Adnan.

Pewarta: pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013