Koba (Antara Babel) - Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar lomba sekolah sehat untuk memacu semangat dan kesadaran penyelenggara pendidikan terhadap lingkungan bersih.

"Ini kami lakukan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, asri dan sehat yang dimulai dengan semangat berlomba," kata Kepala Dinas Pendidikan Bangka Tengah, Zainal di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, lembaga pendidikan di Bangka Tengah masih belum memperhatikan secara serius masalah lingkungan bersih dan sehat.

"Saya mengunjungi beberapa sekolah, masih banyak ditemukan lingkungan yang kurang bersih dan toilet yang masih kotor. Maka kami lombakan agar terpicu untuk berprilaku hidup bersih dan sehat," ujarnya.

Menurut dia, lingkungan sekolah yang bersih itu sangat penting karena berpengaruh terhadap semangat mengajar dan belajar.

"Memang kami mulai dulu dengan lomba sekolah bersih, nanti pada akhirnya akan terbangun budaya hidup bersih dan sehat di lembaga pendidikan," ujarnya.

Ia juga mengatakan, semangat belajar dan mengajar di lembaga pendidikan juga perlu ditingkatkan untuk meningkatkan mutu dan dalam rangka melahirkan sumber daya manusia yang andal.

"Lingkungan sekolah yang nyaman dan kondusif itu dipengaruhi banyak faktor, termasuk masalah kebersihan dan kesehatan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017