Muntok (Antara Babel) - Ratusan penggemar vespa atau "scooterist" dari berbagai daerah di Pulau Bangka berkumpul di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk unjuk kreativitas sekaligus bersilaturahim.

"Kami berharap ajang ini bisa meningkatkan kreativitas generasi muda sekaligus menggairahkan kepariwisataan daerah, khususnya Kota Muntok yang sudah ditetapkan sebagai destinasi wisata sejarah dan budaya Babel," kata Bupati Bangka Barat Parhan Ali di sela kegiatan silaturahim Komunitas Vespa se-Bangka yang diselenggarakan di halaman Museum Timah Muntok, Sabtu.

Ia mengatakan kendaraan vespa merupakan jenis kendaraan yang memiliki keunikan dan dengan semakin berkembangnya teknologi dan pengetahuan bisa dijadikan objek menyalurkan kreativitas yang positif bagi generasi muda.

Melalui berbagai modifikasi, vespa tampil lebih unik dan menarik yang bisa menjadi cermin karakter pengendara atau pemiliknya. Walaupun kendaraan itu sudah tua tetapi tetap bisa bersaing dengan kendaraan jenis lain.

"Filosofi tersebut bisa diambil para generasi muda untuk berperan serta dalam membangun negeri," kata dia.

Menurut dia, semangat kebersamaan dan persaudaraan para "scooterist" juga patut menjadi contoh bagi masyarakat, walaupun berbeda usia, suku, agama, dan status sosial.

"Kebersamaan dan persaudaraan hendaknya tidak hanya terlihat pada setiap perhelatan bersama, namun bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga tercipta persatuan dan kesatuan," katanya.

Menurut dia, hanya dengan kebersamaan dan persaudaraan cita-cita melanjutkan perjuangan para pendiri bangsa akan bisa diraih.

"Melalui kegiatan ini kami berharap kebersamaan dan persaudaraan semakin meningkat sehingga pembangunan negeri bisa berjalan sesuai yang ditargetkan," kata dia.

Dalam perhelatan yang digelar sehari tersebut diisi dengan berbagai ajang kreativitas khas anak vespa, seperti modifikasi, musik, pameran, dan promosi wisata lokal.

Lapangan parkir Museum Timah Indonesia Muntok yang biasanya lengang, hari ini dipenuhi ratusan vespa warna-warni dan modifikasi berbagai bentuk yang ditampilkan para "scooterist" dari berbagai daerah di Pulau Bangka.

Kegiatan akan berlangsung hingga malam hari yang diisi dengan berbagai hiburan dan kunjungan ke sejumlah objek wisata andalan di Muntok.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017