Sungailiat (Antara Babel) - Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispernak) Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung mengimbau masyarakat di daerah itu agar mewaspadai berbagai penyakit unggas selama musim penghujan.

"Selama musim penghujan ini penyakit yang rentan menyerang unggas jenis ayam adalah 'Newcastle Discase (ND)' atau lebih dikenal dengan tetelo," kata Kepala Dispernak Kabupaten Bangka, Kemas Arfani di Sungailiat, Selasa.

Ia menjelaskan, tetelo ini hampir mirip dengan flu burung yang saat ini ditakuti masyarakat karena penyebaran dan penularannya sangat cepat dan mematikan.

"Ternak ayam yang terkena virus tetelo itu dalam hitungan menit bisa mati dan langsung menularkan virus ke ayam yang sehat apabila peternak tidak langsung memngubur atau membakarnya," katanya.

Menurut dia, untuk mengantisipasi dan pencegahan virus tersebut peternak unggas harus mengandangkan unggas peliharaannya. Jika ternak ayam dikandangkan, mudah mendeteksi ayam yang sakit. Selain itu ayam yang dikandangkan tidak menyebarkan penyakit ke unggas lainnya.

Selain mengandangkan ayam, peternak juga harus menjaga kebersihan lingkungan dan kandang, penyemprotan disinfektan serta pemberian vaksin.

"Menjaga kebersihan, penyemprotan disinfektan serta pemberian vaksin kepada ternak sangat penting karena akan meningkatkan daya tahan ternak ayam itu," katanya.

Oleh karena itu, menurut dia, diharapkan peternak selalu menjaga dan melaporkan ke Dinas Peternakan apabila ada ternak yang terjangkit penyakit untuk mencegah penyebaran ke ternak lain.

"Kami berharap peternak mewaspadai berbagai penyakit pada musim hujan dan memasuki musim pancaroba dengan memperhatikan kesehatan ternak. Apabila unggas tersebut sesak napas, tidak mau makan, pilek, kepala unggas berputar-putar dan syarafnya terganggu, segera lapor ke Dinas Pertenakan agar bisa mengantisipasi penyebaran virus tetelo itu," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017