Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar pelatihan penataan arsip kantor untuk jenjang TK, SD dan SMP.

"Pelatihan itu digelar untuk mengatasi permasalahan seperti kehilangan ijazah supaya bisa ditemukan dengan mudah," kata Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Tarmizi, Rabu.

Ia mengatakan, pelatihan tersebut diikuti hampir seluruh sekolah yang ada di Kota Pangkalpinang, di mana perserta yang hadir kebanyakan adalah pegawai honorer untuk pengelolaan data sekolah.

"Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas para pengelola data di seluruh sekolah yang ada di Pangkalpinang," katanya.

Pihaknya sangat mendukung program pemerintah dalam rangka menyikapi permasalahan yang sering terjadi seperti kehilangan ijazah. Jadi melalui program penataan arsip kantor sekolah se-Pangkalpinang ini data tersebut akan mudah untuk dicari jika semua terdata.

"Data yang tidak tersimpan dengan baik akan sangat susah dicari. Ke depan semua data akan di-scan dan masuk ke server kami untuk memudahkan pencarian jika ada yang lapor kehilangan ijazah," ujarnya.

Ia mengatakan, arsip juga adalah bukti sejarah dalam sebuah perjuangan kemerdekaan Indonesia karena melalui dokumen yang tersimpan di arsip bisa diketahui bagaimana sejarah perjuangan bangsa.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017