Koba (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membantu pemasaran produk teh gaharu yang sedang dikembangkan masyarakat daerah itu.

"Teh gaharu ini terus diproduksi oleh masyarakat terutama kelompok petani gaharu di Kecamatan Lubuk Besar, kami terus membantu pemasarannya agar produk yang hasilkan laku di pasaran untuk meningkatkan perekonomian mereka," kata Kepala Dinas Perindustri, Perdagangan, dan Koperasi Bangka Tengah Useng Komara di Koba, Senin.

Ia menjelaskan pihaknya sudah membangun rumah produksi teh gaharu di Lubuk Besar yang dilengkapi peralatan untuk mengolahnya sehingga mereka terus berproduksi.

"Teh gaharu ini sudah masuk ke sejumlah pusat perbelanjaan di Bangka Belitung, bahkan ke depan ada rencana Pemprov Babel untuk menjadikan teh gaharu sebagai minuman pembuka dalam setiap rapat kedinasan," ujarnya.

Ia juga mengharapkan para kepala instansi pemerintahan di daerah itu turut membantu pemasaran teh gaharu misalnya dalam setiap kegiatan bisa menjadikan teh gaharu sebagai minuman pembuka.

"Ini tidak lain adalah untuk membantu para perajin teh gaharu agar ekonomi mereka lebih baik dan lebih bersemangat meningkatkan produksi teh tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan, teh gaharu itu bahan bakunya adalah dari pucuk gaharu yang dikeringkan dan diolah menjadi teh gaharu dan ke depan akan ditanam gaharu khusus untuk memproduksi teh gaharu saja.

"Ke depan sengaja ditanam gaharu yang khusus diambil pucuknya saja untuk dijadikan teh gaharu, sehingga tidak mengganggu pertumbuhan batang gaharu," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017