Pangkalpinang (Antara Babel) - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan dijadikan sebagai daerah percontohan penyaluran elpiji bersubsidi tepat sasaran oleh Perseroan Terbatas Pertamina Sumbagsel.

"Pertamina sudah berencana menjadikan Bangka Belitung sebagai salah satu dari tiga daerah penyaluran distribusi elpiji 3 kg yang sudah tepat sasaran," kata Area Manager Commucation & Relation Pertamina MOR II Sumbagsel, M Roby Hervindo di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan penyaluran elpiji bersubsidi di Babel dinilai sudah cukup transparan dan diperuntukkan bagi masyarakat yang membutuhkan sesuai dengan kriteria masyarakat miskin.

"Selain Bangka Belitung juga ada beberapa daerah lainnya yang akan dijadikan daerah percontohan seperti Bali dan Lombok," katanya.

Ia mengatakan,sebagai pertimbangan Babel jadi percontohan program elpiji 3 kg tepat sasaran di antaranya karena pertimbangan wilayah yang tidak terlalu luas serta konsumsi yang tidak begitu banyak sehingga stok selalu mencukupi di daerah Babel.

"Nantinya penyaluran elpiji bersubsidi akan lebih disempurnakan lagi di Babel. Warga yang subsidi tersebut akan dibekali kartu khusus untuk bisa mendapatkan elpiji 3 kg di tempat-tempat yang juga akan ditentukan," jelasnya.

Berdasarkan data dari tim nasional percepatan penanggulangan kemiskinan (TNP2K) warga miskin yang berhak atas elpiji 3 kg yang disubsidi yakni petani kecil, nelayan kecil, pelaku usaha mikro, dan masyarakat kurang mampu.

"Sedangkan masyarakat yang dinilai mampu tetap bisa membeli elpiji 3 kg namun dengan harga yang tidak disubsidi atau sesuai dengan harga keekonomian," katanya.

Ia mengimbau masyarakat dapat membeli gas bersubsidi di agen, pangkalan resmi atau SPBU Pertamina untuk mengantisipasi kelonjakan harga

"Di tempat resmi konsumen bisa mendapatkan harga yang sudah ditetapkan," katanya.

Ia menambahkan, nantinya pengguna elpiji 3 kg ini hanya di peruntukkan bagi masyarakat yang memiliki kartu khusus tabung gas elpigi bersubsidi tersebut.

Ia berharap, penetapan Babel sebagai daerah percontohan tersebut dapat segera dilaksanakan pada tahun 2017.

"Semoga penetapan daerah percontohan elpiji subsidi tepat sasaran bisa segera terealisasi namun untuk itu harus ada data

Pewarta: Septi Artiana

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017