Pangkalpinang (Antara Babel) - Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi meminta satuan kerja perangkat daerah (SKPD) mematangkan perencanaan kegiatan guna mengoptimalkan penyerapan anggaran pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemerintah provinsi.

"Pengadaan barang dan jasa di masing-masing SKPD harus diselesaikan akhir Maret 2017 sesuai Inpres Nomor 01 Tahun 2015," kata dia di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan perangkat daerah harus meningkatkan serapan anggaran melalui perencanaan program yang sudah dibuat guna mempercepat pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

"Kita yakin serapan anggaran dapat tercapai sesuai target jika perencanaan program di masing-masing SKPD sudah matang," ujarnya.

Menurut dia pengadaan barang dan jasa harus disesuaikan berdasar perencanaan, tepatnya akhir Maret atau triwulan pertama tahun berjalan sudah selesai. Sedangkan penyelesaian perencanaan barang dan jasa konstruksi dapat dilakukan selama satu tahun.

Kepala Badan Keuangan Daerah Kepulauan Babel, Fery Aprianto mengatakan serapan anggaran pada triwulan pertama 2017 baru mencapai 13 persen karena perencanaan dan pelaksanaan program kegiatan di beberapa SKPD belum optimal.

"Kami terus mendorong agar SKPD memantapkan program kerja agar kegiatan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan anggaran yang ditetapkan," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017