Koba (Antara Babel) - Kepala Dinas Pertanian Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Toni Batubara mengatakan, Kabupaten Bangka Tengah akan dijadikan daerah sentra bawang merah di provinsi itu.

"Kami akan jadikan Bangka Tengah sebagai daerah sentra bawang merah di Bangka Belitung," katanya saat menghadiri kegiatan panen raya bawang merah milik kelompok tani Bina Harapan di Lubuk Besar, Rabu.

Ia mengatakan, tahun ini Pemprov Babel akan menyediakan lahan seluas tiga hektare di Bangka Tengah untuk budi daya bawang merah dan cabai.

"Ini dilakukan dalam rangka mewujudkan Bangka Tengah sebagai daerah sentra hortikultura khususnya tanaman bawang dan cabai, mengingat dua komoditas ini menyumbang inflasi cukup tinggi," katanya.

Ia mengatakan, ke depan tidak menututup kemungkinan Bangka Tengah menjadi percontohan pengembangan tanaman hortikultura.

"Saya melihat masyarakat Bangka Tengah sudah mulai gemar bertanam, tidak hanya bawang merah tetapi juga cabai dan tanaman lainnya," ujarnya.

Bahkan, kata dia, pemerintah daerah sudah membina sejumlah kelompok tani yang mengembangkan aneka ragam tanaman hortikultura.

"Pemerintah daerah memberikan dukungan penuh kepada petani di daerah ini dan masyarakat menyadari bahwa bertani merupakan sektor alternatif untuk meningkatkan perekonomian," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017