Muntok, 20/10 (antarababel.com) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung diminta Anggota DPRD setempat untuk menyalurkan bantuan bibit karet ke petani di Dusun Airibul, Kecamatan Muntok untuk membantu meningkatkan perekonomian warga di daerah itu.

     "Kami harapkan pemkab setempat memperhatikan kebutuhan warga Airibul, Desa Belolaut untuk mengembangkan sektor perkebunan, sektor perekonomian utama warga yang letaknya di sekitar perkebunan kelapa sawit PT GSBL itu," ujar Anggota DPRD Kabupaten Bangka Barat, Ivan Wahyudi Hartono di Muntok, Minggu.

     Ivan mengatakan, aspirasi warga Airibul itu disampaikan kepada Anggota DPRD setempat pada saat kunjungan ke daerah pada kegiatan reses periode tiga masa sidang ke-dua 2013, yang dilakukannya beberapa pada Jumat (18/10) lalu.

     "Warga di daerah itu sebagian besar sebagai pekebun dan ada beberapa yan menjadi petambang bijih timah tradisional, selama ini ekonomi masyarakatnya masih kurang, kami harapkan pemkab memberikan perhatiannya melalui berbagai program bantuan kepada masyarakat," kata dia.

     Menurut Politisi PAN itu, warga di daerah itu juga meminta untuk difasilitasi agar bisa bekerja di perkebunan kelapa sawit PT GSBL karena sejak dibukanya perkebunan swasta itu hingga saat ini hanya merekrut tujuh orang warga Airibul.

     "Ini ironis karena warga di daerah itu banyak yang melepaskan tanah leluhurnya pada saat pembukaan perkebunan itu, namun hingga saat ini hanya tujuh orang yang bisa bekerja di perusahaan yang memiliki ratusan tenaga kerja itu," kata dia.

     Anggota Komisi II itu menambahkan, berdasarkan pertemuan dengan warga di dusun tersebut, mereka juga mengharapkan adanya peningkatan pembangunan jalan yang menghubungkan dusun tersebut dengan Kampung Kundi yang jaraknya sekitar delapan kilometer.

     "Akses jalan utama warga Airibul itu haingga saat ini masih berupa jalan tanah puru, kami harapkan pada 2014 sudah bisa diaspal untuk mempermudah akses warga," kata dia.

     Selain itu, kata dia, jaringan listrik program listrik masuk desa yang sudah direalisasikan pada tahun ini, diharapkan segera ditindaklanjuti dengan pemasangan instalasi di rumah warga.

     "Kami harapkan PT PLN Persero bersama mitranya segera memasang meteran KWH ke setiap bubung rumah yang sudah terdaftar sebagai pelanggan, dan bagi penmkab melalui Dinas ESDM ikut mendesak perusahaan milik negara itu segera merealisasikannya," kata dia.

     Ia mengatakan, akan membawa aspirasi warga Airibul itu sebagai masukan pada Rapat Paripurna Internal dan juga ke Pimpinan dewan sebagai masukan,

   Selanjutnya akan dibahas dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) setempat agar bisa dianggarkan pada APBD 2014.

     "Kami harapkan pemkab bisa membantu warga di dusun tersebut untuk mengejar ketertinggalan pembangunan dari dusun-dusun lain di Bangka Barat, sehingga mereka semakin sejahtera dan mandiri," kata Ivan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Donatus Dasapurna Putranta


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013