Sungailiat (Antara Babel) - Wakil Bupati Bangka Rustamsyah mendorong pemanfaatan lahan kosong di lingkungan perkantoran setempat untuk menanam tanaman pangan, seperti budi daya jagung, kacang-kacangan dan juga sayuran.

"Kami minta semua dinas agar dapat memanfaatkan lingkungan kantornya untuk ditanamani sejumlah tanaman pangan atau tanaman yang bermanfaat lainnya," katanya di Sungailiat, Jumat, seusai melakukan panen jagung di halaman Dinas Pertanian Kabupaten Bangka.

Selain memberikan manfaatkan, kata dia, pengelolaan halaman kantor dengan menanami sejumlah jenis tanaman yang cocok dapat memberikan keindahan, kesejukan lingkungan kantor.

"Halaman kantor yang dimanfaatkan untuk tanaman nampak lebih indah dan tidak gersang," kata wabup.

Wabup melihat masih nampak sejumlah kantor yang memiliki lahan kosong namun terlihat gersang tanpa ada tanaman yang bermanfaat.

"Saya melihat masih ada lingkungan kantor yang lahannya tidak digunakan untuk ditanami tanaman yang bermanfaat," ujarnya.

Wabup juga mengimbau seluruh masyarakat di daerahnya agar melakukan hal serupa di lingkungan rumahnya.

"Jangan sampai halaman rumah sampai kosong tanpa dimanfaatkan untuk ditanami. Masyarakat dapat menanam jagung, kacang-kacangan maupun sayuran di halaman rumah," ujarnya.

Menurutnya, hasil panen tanaman di halaman rumah dapat memberikan kontribusi mengurangi biaya keluarga karena dapat dipenuhi sendiri.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017