Sungailiat (Antara Babel) - Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik pada Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Suryani mengatakan, Hari Kartini memberikan makna perjuangan persamaan peran antara kaum perempuan dan laki-laki.

"Hari R.A Kartini memberikan makna tersendiri dalam perjuangan persamaan peran emansipasi antara laki-laki dan kaum perempuan," katanya di Sungailiat, Jumat.

Menurut Suryani, Hari Kartini menjadi momen penting bagi perempuan untuk kembali mengingat perjuangannya demi meraih kesetaraan gender dengan kaum pria.

"Perjuangan persamaan merupakan hak bagi kaum perempuan dalam upaya turut memajukan bangsa dan berpartisipasi tanpa lagi persoalan gender dan diskriminasi," ujarnya.

Dia mengatakan, di masa emasipasi ini, kemandirian merupakan hal yang sangat penting bagi kaum perempuan untuk dapat menjalani hidup dengan baik sesuai dengan bidang kemampuannya.

"Kemandirian hal sangat penting dari seorang wanita dari figure kuat dan bijak membangun mendidikan anak dan berkarir apapun bidangnya," kata Suryani.

Menurutnya, perempuan dituntut pula berfikir progresif seperti halnya laki-laki dan tetap kreatif serta enovatif berkarya.

"Dalam sejarah perjuangan R.A Kartini, berusaha mendobrak dominasi kaum pria dimana kaum perempuan bisa sekolah setinggi tingginya, dan mendapatkan hak yang sama dengan kaum pria," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017