Muntok, 24/10 (antarababel.com) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung mendukung berbagai upaya komunitas pecinta sejarah Kota Muntok atau "Muntok Heritage Community" (MHC) dalam mengembangkan aset sejarah daerah ujung barat Pulau Bangka tersebut.

     "Pemkab akan membantu apa yang menjadi upaya MHC mengungkit dan menggali aset sejarah yang ada di Kota Muntok demi berkembangnya sektor pariwisata," ujar Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bangka Barat Zamka Mirno di Muntok, Kamis.

     Ia menjelaskan, bentuk dukungan pemkab setempat telah dirintis dengan upaya keras untuk menjadikan aset sejarah Wisma Ranggam yang pada zaman dahulu sebagai tempat istirahat Presiden I RI Soekarno dan beberapa pejuang lain pada masa pengasingannya di Kota Muntok, sebagai aset daerah.

     "Selama ini Wisma Ranggam berada dibawah pengawasan Balai Cagar Budaya Jambi, kami harapkan dalam waktu dekat sudah bisa dilimpahkan ke Pemkab Bangka Barat, sehingga daerah bisa mengalokasikan anggaran untuk perawatan aset sejarah tersebut," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Donatus Dasapurna Putranta


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013