Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia mendorong Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membudidayakan ikan lepas pantai untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kondisi wilayah dan perairan Kepulauan Babel cocok untuk pengembangan budi daya ikan skala besar di tengah laut," kata Sekretaris BKIPM Kelautan dan Perikanan RI Septiama di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan potensi pengembangan budi daya ikan laut  menjanjikan, mengingat provinsi itu dikelilingi laut dan tingkat pencemaran laut yang relatif rendah, sehingga dapat mempercepat pembangunan sektor kelautan dan perikanan.

"Kami berharap pemerintah daerah untuk mencoba mencari investor untuk mengembangkan budi daya ikan laut ini," ujarnya.

Ia menilai dukungan terhadap pemerintah daerah dalam mendorong pengembangan budi daya ikan laut lepas pantai masih kurang sehingga masyarakat pesisir masih mengandalkan penangkapan ikan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

"Kami siap membantu dan memfasilitasi pemerintah daerah dalam mencari investor pengembangan budi daya perikanan laut ini," ujarnya.

Sebagai dorongan bagi pengembangan budi daya perikanan, pihaknya terus meningkatkan kualitas dan kuantitas pembibitan ikan untuk membantu masyarakat dalam mengembangkan usaha perikanan tersebut.

"Saat ini kendala pengembangan budi daya ikan skala besar ini yaitu pakan karena kita belum mandiri yang masih mengandalkan impor dari negara lain," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017