Pangkalpinang (Antara Babel) - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Bangka Belitung (Babel) menyatakan nama kandidat wakil gubernur (wagub) yang akan diusulkan masih menunggu keputusan resmi dari gubernur setempat.


"Selama ini, banyak berkembang isu beberapa nama kandidat calon wakil gubernur yang akan diusulkan dari Partai Golkar dari pihak yang tidak memiliki kapasitas sementara pihak partai maupun gubernur belum mengeluarkan keputusan resmi," kata Ketua Dewan Pertimbangan DPD Partai Golkar Babel Farid Effendi di Pangkalpinang, Jumat.


Ia menjelaskan, informasi kandidat wagub yang berkembang saat ini dapat menyesatkan masyarakat karena pihak yang menyampaikan isu tidak memiliki kapasitas serta tidak dapat dipertanggungjawabkan.


"Hingga saat ini, belum ada kepastian nama kandidat yang akan diusulkan menjadi wakil gubernur dan masih dalam proses pembahasan bersama koalisi partai pengusung," tambahnya.


Menurut dia, proses pembahasan bersama dengan koalisi partai pengusung merupakan langkah awal yang baik dalam mencapai kesepahaman dan percepatan usulan nama kandidat yang akan mengisi posisi wagub.


"Tiga partai pengusung sudah ada kesepakatan awal untuk percepatan proses usulan nama wagub namun bukan menjadi keputusan final karena masih ada pertemuan lanjutan," jelas Farid.


Ia mengatakan, pihaknya tidak akan ikut campur dalam mekanisme pengusulan nama wagub karena bukan kewenangan partai koalisi namun berada pada pemerintahan yakni gubernur setempat.


"Partai koalisi hanya akan mengirim nama kandidat kepada gubenur namun hingga saat ini, kami belum menetapkan nama yang akan diusulkan," tambahnya.


Oleh karena itu, kata dia, hasil kesepakatan awal tersebut akan dimatangkan lagi di tingkat partai masing-masing sebelum pertemuan tiga pimpinan partai koalisi untuk menetapkan nama-nama kandidat yang akan diusulkan.


"Mudah-mudahan awal November, masing-masing partai sudah menggelar rapat internal sehingga pertemuan antara pimpinan koalisi dapat secepatnya dilaksanakan," ujarnya.

Pewarta: Pewarta: Ongku Sutan H

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013