Muntok (Antara Babel) - Sekitar 2.000-an warga dan para pelajar di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar pawai targhib guna menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1438 Hijriah.

"Pawai dilakukan dengan berjalan kaki digelar sejak pagi hari menyusuri sejumlah jalan di pusat kota," kata Kasubag Humas Bagian Komunikasi Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Romli di Muntok, Senin.

Ia menerangkan, sekitar 2.000-an peserta terdiri atas 40 regu, perwakilan SD 16 kelompok, TK/TPA empat kelompok, SMP sembilan kelompok, SMA/SMK tujuh kelompok, perwakilan masjid dua kelompok dan dua kelompok dari umum.

Pawai tersebut merupakan kegiatan tahunan yang digelar untuk menyambut bulan suci Ramadhan yang diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk terus mempelajari agama Islam.

"Kami berharap melalui kegiatan ini juga akan meningkatkan kesadaran warga untuk mendalami nilai-nilai ajaran Islam sehingga mampu berperan dalam mewujudkan Bangka Barat hebat dan bermartabat," katanya.

Kegiatan berlangsung cukup meriah dan mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat yang sejak pagi sudah memadati sepanjang pinggir jalan yang akan dilalui peserta.

Para peserta berbusana Islami berwarna-warni sambil membawa sejumlah hiasan yang dibuat cukup menarik.

Di sela jalan kaki, sesekali para peserta melakukan atraksi dengan penuh semangat untuk menghibur warga.

Pawai dimulai dari kompleks Lapangan Binajaya menyusuri jalan protokol, Tebing Gadai, Pasar Muntok, Tebing Salam, Kampung Baru, Puskemas, Jalan Sudirman dan berakhir di Masjid Baitul Hikmah dengan jarak tempuh sekitar lima kilometer.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017