Koba (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terus berupaya mewujudkan pembangunan pelabuhan laut internasional di Kecamatan Lubuk Besar.

"Pembangunan pelabuhan ini memang sudah lama kami rencanakan, tentu kami terus berupaya merealisasikannya," kata Plt Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan hingga saat ini pelabuhan internasional tersebut sedang dalam proses pembuatan Analisis mengenai Dampak Lingkungan (Amdal), proses perubahan status hutan, dan reklamasi.

"Hingga saat ini prosesnya baru sampai Amdal dan persoalan status hutan karena membutuhkan areal yang cukup luas," katanya.

Ia menjelaskan keberadaan pelabuhan laut internasional tersebut sangat strategis karena di kawasan itu merupakan jalur pelayaran kapal internasional.

"Kalau pelabuhan terealisasi, sejumlah kapal barang dari dan menuju berbagai daerah dan negara akan singgah di pelabuhan Batu Beriga itu," katanya.

Selain itu, kata, pembangunan pelabuhan akan berdampak terhadap geliat perekonomian masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan.

"Pelabuhan akan menghidupkan berbagai usaha di masyarakat, tentu ini mampu menggerakkan roda perekonomian selain membuka lapangan pekerjaan baru di kawasan pelabuhan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017