Bangka Barat (Antara Babel) - PT Timah (Persero) Tbk bekerja sama dengan Polda Kepulauan Bangka Belitung menggelar kegiatan "Bhabinkamtibmas Go Green" sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan di sejumlah lahan bekas tambang.

Kegiatan "Bhabinkamtibmas Go Green" digelar di lahan bekas tambang timah yang berlokasi di Sungai Tanggok, Desa Puput, Parittiga, dihadiri Direktur Utama PT Timah (Persero) Tbk, Kapolda Babel Birgjen Pol Anton Wahono, Wakil Bupati Bangka Barat Markus, dan sejumlah pejaba, Jumat.

Direktur Utama PT Timah (Persero) Tbk, Mochtar Riza Pahlevi mengatakan program itu merupakan salah satu bentuk keseriusan PT Timah untuk menjadikan lahan bekas lokasi tambang menjadi kembali produktif dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Melalui program ini kami harapkan ke depan mampu memberi manfaat positif bagi perekonomian warga sekaligus kelestarian lingkungan tetap terjaga," katanya.

Menurut Riza, program ini melibatkan kelompok tani, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa.

Agar bisa dimanfaatkan masyarakat, program yang dilaksanakan di lokasi bekas tambang tersebut ditanam berbagai pohon buah dan sejumlah tanaman keras produktif lain.

"Kalau sudah beberapa kali panen, tanahnya bisa produktif kembali, untuk itu kami sepakat menggalakan program go green bekerja sama dengan Polda, Polres dan Pemkab Bangka Barat dan melibatkan kelompok tani, Bhabinkamtibmas dan Babinsa," katanya.

Kapolda Babel Brigjen Pol Anton Wahono menargetkan seluruh lahah bekas tambang di Kepulauan Bangka Belitung dihijaukan dan dilakukan secara bertahap.

"Belum lama ini kami bekerja sama dengan PT Timah juga telah mereklamasi sejumlah lahan ekstambang di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur," kata dia.

Ia menargetkan program bersama itu bisa berkelanjutan dan dilaksanakan di seluruh kabupaten agar masyarakat bisa berperan aktif dalam program itu.

Pada Jumat di kawasan reklamasi Sungai Tanggok Desa Puput, Kecamatan Parittiga dilaksanakan program "Bhabinkamtibmas Go Green" yang dihadiri Kapolda Bangka Belitung, Dirut PT Timah, Wakil Bupati, Kapolres Bangka Barat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bangka Barat, serta kepala OPD di daerah itu.

Para pejabat secara simbolis menanam pohon mangga dalam program reklamasi di lahan seluas tiga hektare itu.

Selain tanaman mangga ditanam juga tanaman jenis buah-buahan, yaitu buah naga, durian pelangi, sukun, jambu serta tanaman palawija jagung ketan yang didatangkan dari Sulawesi.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017