Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendirikan enam unit tenda Ramadhan untuk membantu pelaku usaha skala kecil memasarkan dagangan selama bulan puasa.

"Melalui kegiatan ini kami berharap bisa membantu para pelaku usaha kecil dalam memasarkan produknya dan sekaligus mencetak pelaku usaha baru yang tangguh," kata Kepala Seksi Pemberdayaan Usaha Mikro Dinas Koperasi, UKM dan Perinduatrian Kabupaten Bangka Barat, Abdillah di Muntok, Sabtu.

Ia mengatakan, tenda Ramadhan dibuka sejak hari pertama puasa hingga dua hari sebelum perayaan Idul Fitri 1438 Hijriah di seluruh enam kecamatan di daerah itu.

"Seluruh kecamatan kami bantu penyediaan tenda yang dipasang di lokasi strategis, khusus di Kecamatan Muntok kami dirikan di lapangan voli Bina Jaya," katanya.

Ia mengatakan, pemkab hanya menyediakan tenda dan spanduk untuk memfasilitasi pelaku usaha berjualan berbagai kebutuhan berbuka puasa dan kebutuhan lainnya.

Terkait pelaku usaha yang ingin berjualan di lokasi itu, pihaknya bekerja sama dengan Kantor Kecamatan yang secara riil lebih memahami pelaku usaha mana yang berhak memanfaatkan lapak.

"Kami tidak menarik retribusi apapun karena kegiatan ini murni untuk membantu pelaku usaha skala mikro agar bisa tumbuh dan berkembang," katanya.

Pada hari pertama buka, Bazar Ramadhan mendapat sambutan positif, baik dari pelaku maupun konsumen yang ingin membeli makanan dan minuman menu berbuka puasa.

"Kami harapkan kegiatan ini berdampak positif bagi pelaku usaha agar mereka semakin berkembang," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017