Pangkalpinang (Antara Babel) - Kepolisian Resor Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan kegiatan patroli guna mengamankan dan memberikan ketenganan kepada masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Kapolres Pangkalpinang AKBP Noveriko Alferd Siregar, Rabu, mengatakan rutinitas patroli yang dilakukan lebih difokuskan pada kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Hal itu kami lakukan dalam rangka menjaga situasi kamtibmas di Pangkalpinang agar tetap aman dan kondusif, baik itu saat Ramadhan maupun menjelang Lebaran nanti," katanya.

Untuk menanggapi keluhan masyarakat terhadap petasan, pihaknya sudah melakukan penertiban terhadap para penjual petasan di wilayah hukum Polres Pangkalpinang.

"Apabila mereka tidak berhenti juga, maka kami akan melakukan penindakan persuasif dengan cara mengamankan orangnya sekaligus menyita barang bukti petasan tersebut," katanya.

Noveriko mengatakan, untuk penertiban tempat hiburan malam (THM) dan tempat keramaian lainnnya pihaknya akan tetap melakukan koordinasi dengan Pemkot Pangkalpinang terkait langkah apa yang akan dilakukan.

"Untuk THM itu kan ada surat edaran dari pemkot terkait batasan buka dan tutupnya tempat tersebut, jadi dalam hal ini kami harus berkordinasi dengan pemkot," katanya.

Selain itu, untuk mengantisipasi balapan liar saat sahur dirinya telah mengeluarkan intruksi kepada anggota agar melaksanakan patroli sahur.

"Dalam menertibkan balap liar ini kami mengalami sedikit kendala dikarenakan tempat yang digunakan untuk balapan liar berpindah-pindah, namun untuk mengantisipasi saya akan melibatkan polsek-polsek agar menempatkan anggotanya untuk memantau aksi balapan liar tersebut," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017