Pangkalpinang (Antara Babel) - Ratusan siswa-siswi SLTP dan SLTA di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung antusias mengikuti kegiatan Sepekan Pancasila yang digelar PT Timah (Persero) Tbk.

Kegiatan tersebut sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan melek menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bagi generasi muda di daerah ini, kata Kabid Humas PT Timah, Reni Hutagalung di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan,  hal itu merupakan salah satu dari tiga kegiatan yang dilaksanakan PT Timah dalam memperingati Hari Lahir Pancasila.

Kegiatan Sepekan Pancasila digelar sesuai imbauan Kementrian BUMN melaksanakan se-Pekan Pancasila dengan tema "Saya Indonesia Saya Pancasila", dimulai pada Kamis (1/6) hingga Minggu (4/6) dengan melibatkan seluruh karyawan pusat dan wilayah, Museum Timah Indonesia, dan anak sekolah.

Kegiatan Sepekan Pancasila antara lain upacara kesaktian Pancasila, pameran foto sejarah Pancasila, lomba fotografi khusus karyawan.

"Hari ini kegiatan dipusatkan di Museum Timah Indonesia dan diikuti 300 siswa-siswi tingkat SLTP dan SLTA se-Kota Pangkalpinang. Kami undang anak-anak sekolah mengikuti berbagai kegiatan mulai dari musik, kuis dan pemutaran film sejarah Pancasila," ujarnya.

Menurut Reni, kegiatan ini juga sebagai ajang silahturahim bagi generasi muda untuk mengingatkan kembali amalan Pancasila.

"Kami berharap melalui PT Timah Peduli Pendidikan generasi muda sadar dan melek untuk menjaga keutuhan Indonesia meski dia berasal dari suku, agama dan ras yang berbeda," ujarnya.

Selly, salah orang peserta yang berasal dari SMAN 3 Kota Pangkalpinang mengatakan kegiatan itu dapat mengingatkan dan menambah pengetahuan dalam mengamalkan Pancasila.

"Kami senang mengikuti kegiatan ini karena menambah pengetahuan tetang sejarah lahirnya Pancasila," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017