Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan sejumlah bantuan sarana ibadah kepada sembilan pengurus masjid yang dijadikan tempat Safari Ramadhan 2017.

"Pada setiap Safari Ramadhan yang digelar tahun ini, kami salurkan sejumlah bantuan berupa sajadah gulung, wireless atau pengeras suara jinjing, jaminan hidup, santunan anak yatim piatu dan kipas angin," kata Kasubag Keagamaan dan Budaya Bagian Sosial dan Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Barat, Armizi di Muntok, Kamis.

Pemberian bantuan merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah kabupaten setempat dalam meningkat ketersediaan sarana dan prasarana tempat ibadah.

Ia menjelaskan, bantuan yang diserahkan setiap kali digelar Safari Ramadhan di masing-masimg masjid, berupa dua sajadah gulung, satu unit pengeras suara jinjing, delapan paket jaminan hidup yang dianggarkan melalui  Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

"Baznas Kabupaten Bangka Barat juga selalu berpartisipasi dalam setiap safari yang dilaksanakan pemkab, berupa penyaluran santunan 20 paket untuk anak yatim piatu," katanya.

Dari pihak swasta, kata dia, salah satu bank daerah menyalurkan Rp5.000.000 khusus untuk Kecamatan Muntok, sedangkan Unit Metalurgi Muntok memberikan bantuan berupa satu unit kipas angin untuk masing-masing masjid lokasi safari.

"Kami berharap langkah ini bisa memberikan rasa nyaman bagi jamaah yang datang ke masjid penerima bantuan," katanya.

Pada tahun ini, Bupati Bangka Barat menggelar Safari Ramadhan sebanyak sembilan kali, yaitu pad Senin (29/5) di rumah dinas bupati, Rabu (31/5) di Masjid Hayatil Islam Desa Cupat Parittiga, Jumat (2/6) di Masjid Nurul Islam Desa Airbelo, Rabu (7/6) di Masjid Bustanul Jannah Teluklimau, Parittiga dan pada Kamis (8/6) di Masjid Miftahul Jannah Simpangtiga, Simpangteritip.

Selanjutnya, safari di Masjid Baitul Hikmah Muntok pada Senin (12/6), Masjid Jamik Benteng Kota Tempilang pada Jumat (16/6), safari di Masjid Shirotolmutaqin Kelapa dilaksanakan pada Senin (19/6), di Masjid Mifyahul Jannah Pelangas pada Rabu (21/6) dan bupati akan mengakhiri safari di rumah dinas bupati pada Jumat (23/6).

Sedangkan Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat Yunan Helmi akan mewakili bupati melakukan safari Ramadhan di tiga lokasi yaitu di Masjid Al Hidayah Desa Rukam, Jebus pada Senin (5/6), di rumah dinas sekda pada Jumat (9/6) dan di Masjid Nurul Falah Sinarmanik, Jebus pada Rabu (14/6).

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017