Muntok (Antara Babel) - PT Angkutan Sungai, danau, dan Penyeberangan Pelabuhan Tanjungkalian Muntok, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memrediksi puncak arus mudik akan terjadi pada empat hari sebelum Lebaran Idul Fitrai 1438 Hijriyah.

"Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya pada empat hari sebelum hari raya akan terjadi lonjakan penumpang cukup signifikan, bahkan antrean kendaraan yang akan menyeberang ke Pelabuhan Tanjungapiapi Sumatera bisa mencapai satu kilometer lebih," kata Manajer PT ASDP Cabang Bangka Wahyudi di Muntok, Selasa.

Menurut dia, kepadatan calon penumpang di pelabuhan itu biasanya akan terjadi hingga Lebaran, baik calon penumpang orang, kendaraan roda empat maupun roda dua.

"Untuk saat ini masih tergolong lancar, meskipun sudah terjadi peningkatan jumlah kendaraan hingga 10 persen dibandingkan dengan hari biasa," katanya.

Ia mengatakan peningkatan jumlah penumpang dipengaruhi oleh meningkatnya jumlah truk angkutan barang yang memasok berbagai kebutuhan pokok dari Pulau Sumatera.

Meskipun terjadi peningkatan jumlah penumpang kendaraan roda empat, namun pihaknya belum melakukan penambahan jumlah penyeberangan dan armada kapal feri.

"Pelayanan penyeberangan masih normal, jumlah armada kapal feri juga masih seperti hari biasa yaitu empat kapal roro, sedangkan kapal cepat juga masih beroperasi seperti biasa," katanya.

Menghadapi kemungkinan meningkatnya jumlah calon penumpang, pihaknya saat ini telah menyiapkan berbagai persiapan, baik dalam penyediaan kapal, kemungkinan penambahan jadwal penyeberangan maupun peningkatan fasilitas pendukung bagi calon penumpang.

"Ada beberapa kapal feri yang disiapkan untuk cadangan, jika memungkinkan kami juga telah siapkan penambahan trip pelayaran yang bisa diberlakukan sewaktu-waktu menyesuaikan kebutuhan," katanya.

Persiapan yang sudah dilakukan diharapkan mamp menambah kelancaran dan kenyamanan para penumpang yang memanfaatkan jasa penyeberangan Selat Bangka.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017