Pangkalpinang (Antara Babel) - Polres Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan arus mudik di sejumlah titik keberangkatan dan kedatangan penumpang masih normal dan kondusif pada H-5 Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah.

"Hingga saat ini arus mudik di terminal, pelabuhan dan bandara masih lancar, aman terkendali," kata Kabag Sumber Daya Manusia Polres Pangkalpinang, Kompol Suradji saat memantau kesiapan Pospam Mudik Lebaran 2017 di Pelabuahan Pangkalbalam, Selasa.

Berdasarkan hasil pantauan, kata dia arus mudik mulai mengalami peningkatan di Bandara Depati Amir Pangkalpinang, sementara penumpang kapal laut di Pelabuhan Pangkalbalam dan sejumlah terminal angkutan darat masih sepi penumpang.

"Arus mudik tahun ini agak berbeda dibandingkan tahun lalu yang cukup mengalami peningkatan tinggi pada H-5 lebaran," katanya.

Menurut Suradji meski arus mudik tahun ini masih normal, namun diharapkan masyarakat untuk tetap waspada dan tidak memakai perhiasan yang berlebihan yang akan memancing orang untuk berbuat kejahatan.

Selain ini masyarakat yang akan mudik tidak membawa barang-barang bawaan yang berlebihan, membeli tiket di agen-agen resmi dan memastikan rumah terkunci dengan baik.

"Kami berharap pemudik yang menggunakan kendaraan untuk mematuhi peraturan lalu lintas, menjaga kesehatan dan lainnya demi mengantisipasi kecelakaan lalu lintas," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017