Pangkalpinang (Antara Babel) - Penumpang kapal laut di Pelabuhan Pangkalbalam, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta selama arus mudik sebanyak 3.525 orang dan diperkirakan akan meningkat pada H-3 Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah.

"Terhitung H-15 hingga H-5 jumlah penumpang kapal sebanyak 3.525 orang atau turun 2,33 persen dibandingkan tahun lalu 3.609 orang," kata Kepala KSOP Pangkalbalam, Andriawan Simanungkalit di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan sebanyak  3.525 orang penumpang kapal rute Pelabuhan Pangkalbalam tujuan Pelabuhan Tanjung Priok tersebut dengan rincian penumpang berangkat 2.632 orang dan turun 893 orang.

"Arus mudik tujuan Jakarta mulai mengalami peningkatan pada H-8 kisaran 400 hingga 450 orang per hari, dibandingkan penumpang sebelumnya hanya kisaran 80 hingga 100 orang per hari.

Andriawan memperkirakan puncak arus mudik terjadi pada H-4 lebaran dan arus balik terjadi pada H+15 Idul Fitri.

"Alhamdulillah arus mudik berjalan kondusif, aman, lancar dan tertib," katanya.

Menurut dia kapal angkutan mudik lebaran yang disiagakan sebanyak enam unit dan cukup untuk melayani masyarakat yang merayakan Idul Fitri di kampung halamannya.

"Kami pastikan angkutan kapal yang disediakan cukup, sehingga masyarakat tidak perlu kuatir tidak mendapatkan tiket angkutan laut itu," ujarnya.

Ia berharap perusahaan pelayaran angkutan mudik lebaran untuk tetap meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan ini dapat meningkatkan kembali minat masyarakat menggunakan angkutan laut.

"Kami berharap masyarakat yang akan mudik lebaran untuk waspada dan tidak memakai perhiasan mencolok, barang berlebihan untuk mencegah kejahatan selama perjalanan ke kampung halamannya," harapnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017