Pangkalpinang (Antara Babel) - Pos Pelayanan Terpadu Pelabuhan Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung akan diperketat penjagaanya guna melayani masyarakat untuk memberi rasa aman saat mudik Lebaran 2017 melalui pelabuhan itu.

Kepala Pos Pelayanan Terpadu Pelabuhan Pangkalbalam, Iptu Sudarman, Rabu, mengatakan pos pelayanan terpadu tersebut didirikan juga untuk mengantisipasi apabila terjadinya lonjakan penumpang.

"Selain itu tugas kami juga untuk memeriksa tiket dan memantau barang bawaan penumpang yang datang maupun berangkat melalui pelabuhan Pangkalbalam," katanya.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Pangkalbalam, AKP Faris Budiman mengatakan tujuan pendirian pos pelayanan terpadu tersebut untuk mengamankan penumpang yang sedang cuti lebaran dengan harapan memberi rasa aman agar tidak ada tindak kejahatan di dalam kapal.

Ia mengatakan pos pelayanan sengaja didirikan di samping tenda penumpang dengan harapan supaya apabila terjadi tindak kejahatan para penumpang bisa lebih mudah untuk melapor kepada petugas.

"Fokus utama kami adalah pengamanan penumpang agar tidak ada tindak kejahatan seperti pencurian, pencopetan, penipuan, dan tindak kejahatan lainnya," ujarnya.

Faris mengimbau masyarakat agar memperhatikan barang bawaannya dan tetap menjaga kesehatan. Apabila ada merasakan hal-hal yang mencurigakan segeralah melapor kepada pihak berwajib.

"Selain ikut pengamanan di pos pelayanan terpadu, anggota kami juga tetap rutin melakukan patroli di wilayah hukum polsekwas terutama kapal yang masuk membawa sembako," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017